KPU Karawang Minta Polisi Cepat Ringkus Pemalsu SK Caleg Terpilih

Berita, Hukum144 views
Ketua KPU Karawang Mari Fitriana didampingi Kuasa Hukum KPU Karawang Dr.Gari Gagarin SH,MH dan H.Dian Suryana SH melaporkan adanya SK Palsu Penetapan Caleg Terpilih

Karawang,|SDM|Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang Selasa petang kemarin (7/5/2024) melaporkan pihak yang diduga memalsukan Surat Keputusan (SK) Palsu tentang Penetapan calon anggota legislatif terpilih DPRD Kabupaten ke Mapolres Karawang.

Pelaporan itu tertuang didalam LP/B/576/V/2024/SPKT/POLRES KARAWANG/ POLDA JAWA BARAT,

“Kedatangan kami ke Polres Karawang untuk melaporkan dugaan adanya pemalsuan Surat Keputusan KPU. Kami sudah sampaikan laporan beserta alat buktinya,” kata Ketua KPU Karawang, Mari Fitriana kepada awak media, Kamis, (9/5) siang.

Mari menyebut ada dua SK palsu yang mengatasnamakan KPU Karawang dan mencatut namanya.

Pertama, menyoal, SK Nomor 1213 Tahun 2024 tentang perolehan suara caleg DPRD Karawang yang datanya diubah dan dipalsukan oleh pelaku. Di dalam SK palsu itu, pelaku menggelembungkan hasil perolehan suara sejumlah caleg dari dua daerah pemilihan.

Kedua, adanya SK palsu yang memuat narasi penetapan bagi caleg yang sebenarnya gagal mendapat suara pemilu terbanyak, namun oleh pelaku dibuat seakan-akan nama caleg gagal tersebut ditetapkan lolos ke parlemen.

Beredarnya Surat Keputusan palsu itu jelas mencoreng nama baik Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang. KPU merasa dirugikan, karena SK yang dipalsukan itu dibuat sedemikian rupa menyerupai SK aslinya.

“Perbuatan pemalsu SK KPU itu jelas merusak marwah KPU dan bisa menimbulkan ketidak percayaan publik terhadap KPU. Kami belum pernah mengeluarkan surat penetapan caleg terpilih untuk DPRD Kabupaten Karawang, karena KPU tengah menghadapi sengketa di Mahkamah Konstitusi,” jelas Mari Fitriana dalam keterangan Pers disampaikannya.

Ketua KPU Karawang meminta, Kepolisian bisa bergerak cepat mengusut tuntas aktor intelektual di balik beredarnya SK palsu tersebut.

“Polres Karawang telah merespons baik laporan yang kami sampaikan dan akan melakukan pendalaman.
KPU ingin Polri bisa bergerak cepat mengungkap dan menangkap pemalsu SK itu” pungkasnya. (pri)

banner 970x250

Komentar